Minggu, 28 Oktober 2012


Teknik Menulis Berita
Oleh : Ali sadikin

Berita
Pengertian Berita
Berita dalam Bahasa Inggris disebut NEWS (North, East, West, South) yang bermakna setiap realitas sosial yang berasal dari keempat penjuru mata angin berpotensi sebagai bahan berita. Secara lengkap definisi Berita adalah laporan tercepat mengenai fakta dan ide terbaru yang benar, menarik atau penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi atau media on line internet.

Kriteria Umum atau Unsur-unsur Nilai Berita
Keluarbiasaan (unusualness). Lord Northchiffe, pujangga dan editor di Inggris pada abad 18 menyatakan ungkapan yang sangat terkenal untuk menunjukkan bahwa berita adalah sesuatu yang luar biasa news is unusual yakni if dogs bites a man is not news, but if a man bites dog, it is news.
Kebaruan (newness). News isi new. Berita adalah semua informasi mengenai apa saja  yang terbaru. Motor baru, mobil baru, gedung baru, kejadian baru, peristiwa baru, walikota baru, presiden baru. Semua hal baru , apapun namanya, pasti memiliki nilai berita. Orang Perancis memiliki ungkapan Chistoire se repete, sejarah tak pernah berulang.
Berdampak atau Akibat (impact). News has impact. Berita adalah sesuatu yang berdampak luas, tidak jarang berdampak besar dalam kehidupan masyarakat. Kenaikan harga BBM, tarif angkutan umum, telepon, listrik, bunga kredit kepemilikan rumah (KPR), harga cabe, bagaimanapun sangat berpengaruh terhadap anggaran keuangan semua lapisan masyarakat dan keluarga.
Aktual (timeliness). Aktual berarti menunjuk pada peristiwa yang sedang atau baru terjadi. Ada tiga kategori aktualitas yakni :
a.       aktualitas kalender, semua orang tahu, tanggal 17 Agustus adalah hari kemerdekaan Indonesia, atau tanggal 10 November adalah hari Pahlawan. Pada hari itu, atau beberapa hari menjelang hari-hari itu, media massa nasional selalu menganggap penting menurunkan tulisan, ulasan, laporan, siaran atau tayangan acara mengenai beberapa hal yang berarti yang berkaitan langsung dengan hari bersejarah tersebut.
b.      Aktualitas waktu, berita adalah laporan tercepat yang disiarkan oleh media massa baik cetak, elektronik, lebih-lebih on line mengenai fakta atau opini, atau kedua-duanya, yang menarik perhatian dan dianggap penting oleh sebagian besar khalayak pembaca, pendengar, pemirsa. Misalnya berita tentang bencana alam, seperti gempa, banjir atau gunung meletus selalu mendapat tempat dan waktu utama dalam pemberitaaan media massa.
c.       Aktualitas masalah, korupsi, manipulasi, pencurian, perampokan, pemerkosaan merupakan persoalan usang, sejak peradaban manusia terbentuk, kasus-kasus seperti itu sudah ada. Jika dilihat dari tema masalahnya, semuanya suadh usang, out of date. Tetapi jika dilihat dari kemunculannya, pengaruh, dan orang-orang yang mengungkapkannya, masalah itu dikategorikan tetap dan senatiasa aktual.
Kedekatan (proximity), news is nearby, berita adalah kedekatan. Ada dua kategori, kedekatan geografis dan psikologis. Kedekatan geografis mengacu pada suatu peristiwa atau berita yang terjadi di sekitar tempat tinggal kita. Semakin dekat peristiwa dengan domisili kita semakin terusik dan tertarik kita untuk menyimak dan mengikutinya. Kerusuhan yang terjadi di Bima Nusa Tenggara Barat akan lebih dulu dan banyak menarik perhatian warga Bima dari pada daerah atau kota lainnya.
Kedekatan psikologis lebih banyak ditentukan oleh tingkat keterikatan pikiran, perasaan, atau kejiwaan seseorang dengan suatu obyek peristiwa atau berita. Misal, mahasiswa asal Papua yang sedang kuliah di Jakarta akan lebih dulu tertarik dan lebih banyak membaca berita tentang situasi Papua daripada mahasiswa asal daerah lain yang  sama-sama sedang kuliah di Jakarta atau mahasiswa asli Jakarta itu sendiri.
Informasi (Information), news is information. Berita adalah informasi. Setiap hari seluruh kota di Indonesia menghasilkan miliaran informasi, namun dalam perspektif sosio-jurnalistik hanya sedikit yang dilaporkan media massa. Hanya informasi yang memiliki nilai berita atau memberi banyak manfaat kepada publik yang patut di muat menjadi berita.
Konflik (conflict), news is conflict. Berita adalah konflik atau segala sesuatau yang mengandung unsure atau sarat dengan dimensi pertentangan . konflik merupakan sumber berita yang tak pernah keringdan tak akan pernah habis, selama orang menyukai dan menganggap penting. Semisal konflik Palestina-Israel.
Orang Penting (public figure, news maker), news about people, berita adalah tentang orang-orang penting, ternama, pesohor, selebriti, figure publik, pejabat publik. Teori jurnalistik menegaskan, nama menciptakan berita (names makes news).
Kejutan (surprising), news is surprising. Kejutan adalah sesuatu yang datangnya tiba-tiba, diluar dugaaan, tidak direncanakan, diluar perhitungan, tidak diketahui sebelumnya. Misalnya kesebelasan Indonesia mengalahkan Argentina.
Ketertarikan Manusiawi ( human interest), news is interesting. Kadang suatu peristiwa tak menimbulkan efek berarti bagi seseorang, sekelompok orang, atau masyarakat luas. Peristiwa tersebut tidak menggoncangkan, tidak medorong aparat keamanan bersiap siaga, tidak menimbulkan perubahan pada agenda sosial ekonomi masyarakat. Akan tetapi peristiwa itu menimbulkan suasana getaran hati, kejiwaan dan alam perasaan. Hanya karena naluri, nurani dan suasan hati kita terusik dan tertarik.  Praktisi jurnalistik mengelompokkan kisah-kisah human interes ke dalam berita ringan, berita lunak (soft news). Misal anak korban tsunawi Aceh yang selamat setelah berhari-hari mengapung di lautan lepas dengan naik sepotong papan.
Seks (sex), news is sex, berita adalah seks. Seks adalah berita. Sepanjang sejarah peradaban manusia, segala yang berkaitan dengan perempuan, pasti menarik dan menjadi sumber berita. Seks identik dengan perempuan, perempuan identik dengan seks. Tak ada berita tanpa perempuan, tak ada perempuan tanpa berita.

Teknik Menulis Berita
Jenis Berita secara garis besar terbagi tiga, yakni : Berita langsung (straight/hard news) adalah laporan langsung suatu peristiwa. Berita ringan (soft news) adalah laporan yang berupa kelanjutan atau susulan suatu peristiwa pertama. Berita kisah (feature) termasuk berita ringan dilihat dari segi atau teknik penyajiannya, bukan berdasar materinya.
Menulis Berita Langsung
Secara ringkas berita adalah sebagai kumpulan informasi berdasarkan pertanyaan 5 W+1 H, ditulis dengan teknik melaporkan (to report) dan merujuk pola piramida terbalik. What, Who, Why, When, Where + How. Rumus ini adalah baku agar berita lengkap, akurat, dan memenuhi standar jurnalistik , mudah serta cepat dipahami isinya oleh pembaca, pendengar, atau pemirsa.
What berarti peristiwa apa yang akan dilaporkan kepada khalayak. Who berarti siapa yang menjadi pelaku dalam peristiwa berita itu. When berarti kapan peristiwa itu terjadi, tahun, bulan, minggu, hari, jam, menit. Where berarti dimana peristiwa itu terjadi. Why berarti mengapa peristiwa itu terjadi. How berarti bagaimana jalannya peristiwa atau bagaimana cara menanggulangi peristiwa. 

Piramida Terbalik



Judul Berita, “ wartawan Indonesia menulis judul berita yang mencerminkan isi berita,’ kode etik jurnalistik pasal 9.  Judul berita bisa saja menjual berita, penghias berita (bentuk guruf, besarnya, panjangnya dsb) tetapi harus benar dan sesuai dengan isi berita. Jangan menulis judul berita sebelum dibaca sendiri seluruh isi berita. Sebaiknya ditulis sesingkat mungkin, paling panjang hanya 12 kata. Ditulis dengan kalimat aktif dan sebaiknya ada kata kerja. Harus berisi fakta, bukan opini, komentar atau ulasan. Sebaiknya tidak dalam kalimat tanya.
Baris Tunggal.
Baris tunggal (dataline) sebagai petunjuk tempat kejadian. Pembaca perlu mengetahui sekilas dimana wartawan memperoleh berita bersangkutan. Contoh :
(Judul) Instruksi Presiden Terkait Century
(Baris tunggal) Jakarta, Kompas- Presiden Susilo Bambang…………..
Teras Berita/Lead
Teras adalah bagian yang terletak di aline atau paragraf pertama. Teras berita merupakan bagian  dari komposisi atau susunan berita, setelah judul dan sebelum tubuh berita.
Teras berita menempati aline pertama harus mencerminkan pokok terpenting berita. Alinea pertama dapat terdiri dari satu kalimat atau lebih, sebaiknya jangan melebihi tiga kalimat. Jangan lebih dari 30-45 kata. Harus ditulis semenarik mungkin dan sebaik-baiknya sehingga mudah ditangkap dan cepat dipahami. Kalimat singkat,sederhana, jauhkan kata mubazir. Satu gagasan satu kalimat. Dibolehkan memuat lebih dari satu unsur 5W+1H.
Teknik Menulis Teras
Membuka teras dengan kalimat yang menonjolkan unsur yang paling aktual di dalam berita yang akan di tulis. Prinsip penulisan adalah satu gagasan satu kalimat.
Teras Berita Siapa (Who)
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam Sidang Kabinet Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jum’at (14/1), mengeluarkan empat instruksi untuk penuntasan kasus hukum Bank century.
Teras Berita Apa (What)
Empat instruksi untuk penuntasan kasus hukum Bank century, dikeluarkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono pada Sidang Kabinet Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jum’at (14/1).
Teras Berita Dimana (Where)
Dalam Sidang Kabinet Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jum’at (14/1), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan empat  instruksi untuk penuntasan kasus hukum Bank Century.
Teras Berita Kapan (When)
Kemarin Jum’at (14/1), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam Sidang Kabinet Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan,  mengeluarkan empat instruksi untuk penuntasan kasus hukum Bank century.
Teras Berita Mengapa (Why)
Untuk penuntasan kasus hukum Bank Century,  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam Sidang Kabinet Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan mengeluarkan empat instruksi, Jum’at (14/1).


Teras Berita Bagaimana (How)
Empat instruksi untuk penuntasan kasus hukum Bank Century, dikeluarkan Presiden Susilo Bambang Yudoyono dalam Sidang Kabinet Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jum’at (14/1).

Daftar Pustaka
Sumadiria, AS Haris. 2008. Jurnalistik Indonesia-Menulis Berita dan Feature- Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Kusumaningrat, Hikamat. Kusumaningrat, Purnama. 2007. Jurnalistik-Teori dan Praktek.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Modul Mata Kuliah Pengantar Jurnalistik Fisip Untag’45 Jakarta.
Modul Mata Kuliah Teknik Mencari dan Menulis Berita Fisip untag’45 Jakarta.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

masukkan alamat email anda